Mengenal Firewall dan kegunaanya

Hello guys kembali lagi sama gw faisyal sudah lama gw gak update kali ini gw akan berbagi sedikit tentang Firewall.


Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar. Saat ini, pengertian firewalldifahami sebagai sebuah istilah generik yang merujuk pada fungsifirewall sebagai sistem pengatur komunikasi antar dua jaringan yang berlainan.

Fungsi-Fungsi Firewall 

Sebelum mengenal fungsi dari Firewall ada kala kita memahami atribut penting dari Firewall itu. Sbb


  • Semua jaringan komunikasi melewati fire wall
  • Hanya lalu lintas resmi diperbolehkan oleh fire wall
  • Memiliki kemampuan untuk menahan serangan Internet

Fungsi firewall dapat anda lihat  dengan jelas pada pengertian firewall itu sendiri.Ada 3 proses firewall dalam melindungi sesebuah jaringan yaitu:
1.kontrol  dan mengawasi paket data yang ada di dalam jaringan
  • Fungisi utama firewall adalah untuk menapis dan mengawal paket data yang melaluinya. Apabila firewall pada sesebuah jaringan diaktifkan, ia akan menapis dan memilih paket-paket data yang selamat dan tidak selamat mengikut konfigurasi-konfigurasi yang ditetapkan melalui polisinya.
  • 2.Melakukan proses autentifikasi terhadap akses di dalam jaringan
  • Firewall boleh meningkatkan keselamatan sesebuah rangkaian melalui proses authentikasi. Proses autentifikasi ini merupakan proses dimana pengguna harus memberikan password sepertimana yang sudah disimpan sebelumnya di dalam sesebuah komputer atau jaringan untuk tujuan mendapat akses. Jika proses autentifikasi gagal, maka proses untuk akses kepada jaringan akan dihalangan dan sumber-sumber tidak dapat digunakan.
  • 3.Merekod/mencatat  setiap transaksi yang berlaku menerusinya pada setiap sesi
  • Firewall juga berfungsi sebagai recorder iaitu dia akan melakukan proses recording setiap transaksi yang berlaku di dalam sesebuah jaringan. Ia juga akan merakam dan mencatat setiap aktiviti internet yang dilakukan oleh pengguna di  dalam sesebuah jaringan  termasuk mencatat apa sahaja kandungan yang biasa di capai oleh pengguna tersebut.

Jenis-Jenis Firewall
Terdapat 4 jenis firewall
 1.Packet Filtering Gateway
 2.Application Layer Gateway
 3.Circuit Level Gateway
 4.Statefull Multilayer Inspection Firewall

Cara Kerja Firewall

Bagaimana cara kerja firewall? Secara sederhana firewall berfungsi sebagai "penghalang" antara komputer dan internet, bisa dikatakan sebagai pelindung. Firewall bekerja bukan hanya sebagai pelindung saja, namun juga mampu menganalisis jaringan yang akan masuk ke komputer anda dan melakukan tindakan yang harus dilakukan ketika jaringan telah masuk. Contohnya firewall akan melakukan blokir terhadap beberapa jaringan yang mencoba keluar dan mencatat log aktifitas arus jaringan yang dicurigai.
Cara kerja firewall berdasarkan jenisnya memiliki beberapa fungsi yang berbeda, namun tujuannya sama yakni sebagai proteksi.

Karakteristik Firewall

Karakteristik firewall meliputi 3 hal yakni,
  1. Firewall harus kebal dan relatif kuat dari berbagai serangan dengan melakukan koneksi jaringan dari host yang terpercaya dan relatif aman.
  2. Seluruh aktifitas dan lalu lintas masuk dan keluar harus melewati firewall.
  3. Firewall dapat dilewati oleh aktifitas atau lalu lintas yang telah terdaftar/dikenal sebelumnya dengan melakukan setting pada kebijakan akses (access policy) keamanan lokal.

Sekian informasi dapat gw sampaikan semoga berfaedah 

Ask to me 

IG=faisyal_kun 
Fb=faisyal Randovlsky

0 Comments